Powered by Blogger.

Saturday 14 November 2015

Peranan Cuaca dan Iklim dalam Perkembangan Ekonomi

Saturday, November 14, 2015
Besok  hujan  atau  tidak  ya?  Tahun  ini musim  penghujan  mulai  bulan  apa  ya?  Kira-  kirapertanyaan  umum seperti itu  yang  sering  muncul  di  masyarakat  perihal  cuaca  dan  iklim. Selainpertanyaan seperti itu ternyata peranan cuaca dan iklim sangatlah luas,termasuk untuk menentukanperkembangan ekonomi regional maupun nasional.

Baru-baru ini BMKG melalui Stasiun Meteorologi Balikpapan melakukan pemaparan tentangkondisi cuaca dan iklim Provinsi Kalimantan Timur pada forum diskusi terbatas yang diselenggarakanoleh Bank Indonesia.  Forum diskusi terbatas Perkembangan Ekonomi Regional Provinsi KalimantanTimur tahun 2013 & Prospek Triwulan I – 2014 diselenggarakan pada  tanggal 19 Februari yang lalu.Pada acara yang diselenggarakan Bank Indonesia tersebut, beberapa stakeholder yang terkait denganperkembangan ekonomi  termasuk BMKG melakukan pemaparan bagaimana kondisi perekonomiandan beberapa faktor penunjangnya pada  tahun lalu dan bagaimana gambaran untuk tahun ini. Halyang menjadi  perhatian adalah diundangnya   BMKG pada forum tersebut  yang notabene bukanlembaga yang berkaitan dengan perkonomian untuk menyampaikan paparannya terkait cuaca daniklim. Lantas bagaimana bisa cuaca dan iklim bisa mempengaruhi laju ekonomi?

Selama ini yang kita tahu secara umum perkembangan ekonomi biasanya dikaitkan denganbeberapa hal yaitu kelancaran transportasi, ketersediaan sumberdaya alam dan manusia, taraf hidupmasyarakat dan lain-lainya. Tetapi salah satu faktor yang tidak kalah pentingnyan adalah faktor cuacadan iklim.

Tanpa kita sadari dari beberapa faktor penunjang pertumbuhan ekonomi, semuanya hampirberkaitan  dengan  cuaca  dan  iklim.  Salah  satu  aspek  yang  paling  berpengaruh  terhadapperkembangan ekonomi adalah kelancaran transportasi,  baik untuk mobilitas masyarakat maupununtuk keperluan distribusi barang . Mobilitas manusia yang semakin besar bisa diartikan bahwa disituakan ada aktifitas ekonomi yang berkembang. Apabila distribusi barang dari suatu daerah lancar, stokbarang  ditoko-toko  akan  terpenuhi,  ketersediaan  pangan  akan  stabil.  Sebaliknya  kelancaran  daritransportasi tidak lepas dari salah satu aspek yaitu cuaca. Gangguan dari transpotrasi bisa berupacuaca  buruk  gelombang  tinggi  selama  berminggu-minggu  yang  mengakibatkan  terhambatnyaaktifitas pelayaran. Selain pelayaran, aktifitas penerbangan juga bisa terganggu karena cuaca yangkurang mendukung. Bisa dibayangkan berapa kerugian apabila  situasi  tersebut terjadi.   Mobilitasmanusia terganggu yang mengakibatkan aktifitas ekonomi menjadi lesu. Distribusi barang juga akantersendat yang akibatnya harga barang akan semakin mahal karena tidak seimbangnya permintaandan persediaan. Akhirnya dari kondisi cuaca tersebut , banyak hal yang akan terkena imbasnya.

Iklim juga tidak kalah pengaruhnya dalam hal  perkembangan ekonomi. Industri  pertanianadalah salah satu faktor penting dalam perekonomian. Pertanian tidak dapat dilepaskan dari peraniklim. Proses penanaman tanaman harus memperhatikan kondisi iklim, supaya siklus pertumbuhantanaman dapat berjalan baik. Dengan begitu ketersediaan pangan akan mencukupi. Tapi apa yangterjadi  bila kondisi iklim berubah?. Tentunya tanpa perencanan proses penanaman yang baik denganmemperhatikan data  iklim maka dipastikan hasil  pertanian tidak maksimal.  Terhambatnya prosesproduksi  pertanian  akan  menimbulkan  efek  domino,  seperti  kelangkaan  pangan  danmembumbungnya harga pangan yang berimbas pada sektor lainnya. 

Oleh karena itu dapat kita ambil kesimpulan bahwa data cuaca dan iklim itu sangat pentinguntuk  menentukan prospek perkembangan  ekonomi  kedepan.  Dan  stakeholder  yang terkait  bisamengambil  kebijakan  yang  diperlukan  terkait  perkembangan  cuaca  dan  iklim  mendatang  dalamkaitannya dengan perkembangan ekonomi.

0 comments:

Post a Comment